MY MENU

News

News

Judul
Susul TLKM dan ISAT, EXCL Siap Gulirkan Layanan 5G
Penulis
Abinawa Putri
Tanggal Diciptakan
07/28/2021
Lampiran0
Views
188
Konten
PT XL Axiata Tbk (EXCL) siap menjadi operator telekomunikasi selanjutnya yang akan meluncurkan layanan 5G di Tanah Air setelah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Indosat Tbk (ISAT). 


Perusahaan yang sahamnya dikuasai oleh Axiata Investments Sdn Bhd ini akan melakukan uji laik operasi (ULO) 5G pada 3-6 Agustus 2021 mendatang di wilayah Depok dan Bandung. ULO untuk perangkat 5G perseroan akan dilakukan dengan menggunakan pita frekuensi 1.800 MHz dan 2.100 Mhz.


Belum lama ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memang sudah menyampaikan kalau XL Axiata akan menjadi operator telekomunikasi ke-3 yang akan melakukan komersialisasi layanan 5G di Indonesia. 


Manajemen EXCL, seperti dikutip Harian Investor Daily, mengatakan, pihaknya masih dalam persiapan untuk ULO 5G dengan menggunakan metode Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Namun, perseroan belum menjelaskan secara komprehensif terkait wilayah yang akan menjadi sasaran awal peluncuran layanan tersebut. 


Salah satu pejabat Kemkominfo pernah mengatakan, implementasi layanan 5G XL Axiata ini adalah layanan enhance mbb/mobile broadband seperti halnya layanan 4G selama ini. 


Hal ini dilakukan perseroan lantara pasarnya sudah jelas dan ekosistem smartphone dan gadnget lain juga sudah paling siap untuk menangkap layanan 5G seperti ini. 


Beberapa waktu lalu, manajemen EXCL mengumumkan telah menggandeng mitra asal Jepang yaitu NTT Ltd. NTT Ltd merupakan salah satu lini bisnis dari korporasi raksasa di bidang telekomunikasi asal negeri sakura Nippon Telegraph and Telephone Corporation (NTT Corp). 


Keduanya bekerja sama membangun infrastruktur teknologi  informasi (TI) berbasis private cloud. Kerja sama itu akan membantu perseroan mempersiapkan ekosistem teknologi informasi secara menyeluruh. 


Persiapan itu termasuk juga mendukung perusahaan dalam menyiapkan ekosistem 5G.  Pasalnya, implementasi jaringan layanan 5G membutuhkan kesiapan yang matang, baik dari segi jaringan dan juga ekosistem pendukung yang kuat. 


Aksi EXCL tersebut mendapat sorotan dari sejumlah investor, terutama oleh asing. Sepanjang sepekan terakhir, total nilai beli bersih oleh pemodal asing atas saham EXCL tercatat mencapai Rp 36,0 miliar. 

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support