MY MENU

News

News

Judul
Pajak Karbon PLTU Berlaku 2022, ADRO, PTBA, INDY Jadi Target
Penulis
Abinawa Putri
Tanggal Diciptakan
10/04/2021
Lampiran0
Views
66
Konten

Siap-siap bagi para pemilik pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Mulai 1 Januari 2022, pemerintah mulai memberlakukan kebjiakan pemungutan pajak karbon kepada Anda. 

Besarnya tarif yang akan dipungut atas pajak baru ini sebesar Rp 30 per kilogram (kg) karbondioksida ekuivalen (CO2e) atau satuan yang setara. Kebijakan ini tertuang dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.  

Sejatinya, besaran tarif pajak karbon tersebut lebih rendah dari usulan sebelumnya yang termaktub dalam RUU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), yakni sebesar Rp 75 per CO2e.

Seperti diketahui, pertimbangan pemerintah membebankan pajak karbon ini  lantaran emisi karbon memberikan dampak negatif bagi lingkungan hidup.

Pemerintah berencana, akan membuat peta jalan pajak karbon yang memuat strategi penurunan emisi karbon, sasaran sektor prioritas, keselarasan dengan pembangunan energi baru dan terbarukan, dan keselarasan antar berbagai kebijakan lainnya.

Tentu saja, hal ini akan berimbas kepada sejumlah emiten yang mengembangkan bisnis pembangkit listrik bertenaga batu bara seperti PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Indika Energy Tbk (INDY). 

Padahal, emiten-emiten ini tengah menikmati masa-masa honeymoon seiring harga batu bara yang terus menjulang. Harga batu bara untuk pengiriman Desember 2021 di ICE Newcastle sudah tembus ke angka US$ 221,5 per ton. 

Melesatnya harga batu bara masih menjadi katalis positif bagi para emiten batu bara setidaknya hingga akhir tahun ini. 

Hal ini mengigat, mulai masuknya musim dingin di sejumlah belahan dunia dan mulai bergeraknya aktivitas ekonomi membuat permintaan emas hitam ini membludak.  

Patut diketahui, yang akan dijadikan target pajak bukan hanya perusahaan-perusahaan pemilik PLTU saja, melainkan orang pribadi atau badan yang membeli barang yang mengandung karbon. 


Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support