MY MENU

News

News

Judul
FLASH: PTBA-Pertamina Mulai Bangun Pabrik DME di 26 Januari 2022
Penulis
Tetsu Mulia
Tanggal Diciptakan
01/12/2022
Lampiran0
Views
42
Konten

Emiten BUMN pertambangan di bawah kendali MIND ID, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) menargetkan pembangunan pabrik gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) di Tanjung Enim, Sumatra Selatan, akan dimulai pada 26 Januari mendatang.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PTBA Arsal Ismail usai rapat koordinasi bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Palembang, Senin (10/1/2022), dikutip Bisnis.com, Selasa ini (11/1).

Proyek gasifikasi batu bara yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) ini akan berlangsung selama 20 tahun, dengan mendatangkan investasi asing sebesar US$ 2,1 miliar atau setara dengan Rp 30 triliun (kurs Rp 14.300/US$).

Dengan utilisasi 6 juta ton batu bara per tahun, maka proyek ini dapat menghasilkan 1,4 juta DME per tahun.

Saat ini PTBA bersama pihak terkait sedang merampungkan beberapa proses sebelum groundbreaking atau titik awal pembangunan program hilirisasi batu bara. Selain Pertamina, satu pihak lagi yang terlibat dalam proyek jumbo ini adalah Air Products & Chemicals Inc.

"Mudah-mudahan beberapa hari ke depan sebelum tanggal 26 selesai semua,” katanya.

Sebagai informasi, Air Products akan bertindak sebagai investor dari sisi teknologi dan pembangunan, sementara PTBA akan menyuplai batu bara untuk bahan baku gasifikasi menjadi DME tersebut.

Pertamina mendapat penugasan khusus dari pemerintah sebagai offtaker produk yang akan mengganti liquefied petroleum gas (LPG) tersebut. 

Saham PTBA di sesi I, Selasa ini ditutup naik 0,72% di Rp 2.800/saham dengan kenaikan harga saham dalam sepekan +3,70%.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)