MY MENU

News

News

Judul
Resmi Melantai di Bursa, GOTO Raup Dana IPO Rp 15,8 T
Penulis
CNBC Indonesia
Tanggal Diciptakan
04/11/2022
Lampiran0
Views
466
Konten
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi mendapat dana sebesar Rp 15,8 triliun dari keputusan perusahaan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jumlah ini menjadikan IPO GOTO sebagai penawaran umum perdana saham terbesar ketiga di Asia, dan kelima di dunia sepanjang sejak awal 2022.

Dalam keterangan resmi perusahaan, GOTO menyebut berhasil menghimpun dana Rp 13,7 triliun dari penawaran umum saham melalui IPO, serta Rp 2,1 triliun melalui penjualan saham treasuri dalam rangka opsi penjatahan lebih (greenshoe).

Penghimpunan dana tersebut mencerminkan kapitalisasi pasar sebesar Rp 400,3 triliun.

"Berdasarkan jumlah dana yang dihimpun, IPO GoTo merupakan IPO terbesar ketiga di Asia dan kelima di dunia untuk tahun 2022. IPO GoTo juga menarik partisipasi sekitar 300.000 investor dalam proses penawaran umum saham, yang merupakan rekor partisipasi tertinggi investor pada proses IPO dalam sejarah pasar modal Indonesia," tulis GOTO dalam siaran pers, Senin (11/4/2022).

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo berkata, perusahaan akan terus meningkatkan kemampuan untuk mencapai misi ke depannya. Menurutnya, ketertarikan investor yang tinggi atas IPO GOTO mencerminkan besarnya potensi layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology di kawasan Asia Tenggara.

"Akhirnya, pihak yang paling berhak menerima apresiasi untuk pencapaian hari ini adalah mereka yang sudah bekerja keras untuk tumbuh bersama GoTo. Keberhasilan kami adalah berkat para mitra pengemudi, pedagang, konsumen, dan karyawan kami. Karena itulah, kami berupaya keras memastikan mereka mendapat manfaat dari IPO Perusahaan melalui Program Saham Gotong Royong, yang menjadi salah satu program kepemilikan saham paling inklusif di dunia pada saat ini," kata Andre.

Momen pencatatan perdana saham GOTO di BEI hari ini turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, serta Direktur Utama BEI Inarno Djajadi.

Terpantau juga kehadiran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim yang juga merupakan pendiri Gojek.

Pencatatan GoTo merupakan momen bersejarah bagi Perusahaan dan bagi BEI, sebagai pencatatan saham yang pertama kali dilakukan berdasarkan ketentuan saham dengan hak suara multipel yang telah ditetapkan oleh OJK pada Desember 2021.

Dalam IPO ini, Perusahaan menawarkan sejumlah keseluruhan 46,7 miliar lembar saham Seri A, yang merupakan gabungan dari saham yang baru diterbitkan dengan saham treasuri (khusus untuk tujuan opsi penjatahan lebih), pada harga penawaran Rp 338, yang mencerminkan kapitalisasi pasar sebesar Rp 400,3 triliun (US$ 28 miliar).

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)