MY MENU

News

News

Judul
Korporasi Asing Ramai-Ramai Relokasi Usaha ke Indonesia
Penulis
Abinawa Putri
Tanggal Diciptakan
07/19/2021
Lampiran0
Views
347
Konten
Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan ada 162 perusahaan yang berminat memindahkan investasinya ke Indonesia. Total nilai investasi diperkirakan mencapai US$ 84,18 miliar atau sekitar Rp 1.221 triliun. 


Negara-negara itu meliputi Amerika Serikat, Taiwan, Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Hong Kong, Belgia, Jerman, Swiss, dan Belanda. Pejabat BKPM yang dikutip Harian Investor Daily mengatakan, ratusan korporasi asing tersebut berpotensi menyerap tenaga kerja hingga 331.060 pekerja.


Adapun, dari total 162 perusahaan asing itu, 23 diantaranya sudah memastikan akan melakukan relokasi atau diversifikasi investasinya ke Tanah Air. Total niliai investasinya ditaksi mencapai US$ 8,13 miliar atau sekitar Rp  118 triliun. 


Lalu, sebanyak 25 perusahaan dengan nilai investasi sebesar US$ 35,55 milair atau Rp 515 triliun telah menyatakan minat untuk relokasi usahanya ke Indonesia. Potensi penyerapan tenaga kerjanya mencapai 103.680 orang. 


Sedangkan, sisanya, sebanyak 114 perusahaan, berpotensi melakukan relokasi. Mereka ini yang sudah menyatakan minatnya melalui keduatan besar Republik Indonesia (KBRI), melalui forum Indonesia Investment Pormotion Center (IIPC), dan lainnya. 


Total nilai investasinya diperkirakan menapai US$ 40,50 miliar atau Rp 587 triliun dengan potensi penyerapan tenaga kerja sebanyak 156.430. Sebagai sarana pendukung niatan relokasi tersebut, pemerintah telah menyediakan kawasan Industri Batang sebagai salah satu wilayah potensial di Jawa Tengah. 


Sejatinya, untuk rencana investasi, pemerintah telah mengembangkan 118 kawasan industri skala besar, 15 kawasan ekonomi khusus (KEK), dan 4 kawasan perdgangan bebas. Kemudian ada 1.360 kawasan berikat, 91 perusahaan logistik berikat, dan 10 Bali Baru sebagai destinasi prioritas. 


Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)