MY MENU

News

News

Judul
Jangan Kelewat, Ini Rencana Besar Erick buat INAF dan KAEF
Penulis
Tetsu Mulia
Tanggal Diciptakan
12/28/2021
Lampiran0
Views
440
Konten

Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Menteri Erick Thohir berencana menjadikan holding BUMN Farmasi atau PT Bio Farma sebagai sebuah ekosistem guna mengurangi impor bahan baku farmasi Indonesia.

Bio Farma ini membawahi tiga emiten farmasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni PT Indofarma Tbk (INAF), PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan anak usaha KAEF yakni PT Phapros Tbk (PEHA).

Erick mengklaim bahwa pihaknya sudah berhasil mengkonsolidasikan klaster kesehatan BUMN, sebagai bagian dari membentuk ekosistem memperkuat ketahanan dan kemandirian kesehatan.

"Ekosistem menjadi kunci, kalau berdiri sendiri-sendiri tidak punya kekuatan terpadu menahan gelombang yang terjadi ke depannya. Karena itu kami sudah berhasil menggabungkan Bio Farma sebagai holding, membawahi Kimia Farma, Indofarma dan RS BUMN di bawah IHC, dulunya Pertamina digabungkan dengan RS Pelni dan lain-lain," jelasnya, dikutip Bisnis.com, Selasa (28/12/2021).

Erick menegaskan, Bio Farma tidak hanya sebagai holding dan konsolidasi, melainkan perlu juga secara bisnis membuka peluang-peluang baru industri kesehatan seperti vaksinasi. Hal ini lantaran Indonesia cukup ketinggalan dibandingkan dengan negara lain dalam hal vaksinasi.

Untuk INAF akan fokus pada industri pengobatan herbal sehingga dapat menekan impor bahan-bahan baku farmasi, yang saat ini masih 95% bahan baku diimpor.

Sementara itu, KAEF bakal fokus pada pengembangan obat-obat generik agar masyarakat mendapatkan akses terhadap obat murah. Dalam 4 tahun ke depan, Erick menargertkan dapat menekan impor bahan baku obat menjadi 75% dari total bahan baku atau turun 25% dari kondisi saat ini impor 95% bahan baku.

Data BEI mencatat, saham INAF ditutup minus 0,44% di Rp 2.240/saham pada perdagangan Senin kemarin, sementara saham KAEF juga turun 0,41% di Rp 2.420/saham.

Salin URL

Pilih semua URL dibawah untuk disalin

Edit komentar

Masukkan kata sandi untuk mengedit postingan

Hapus komentarHapus postingan

Masukkan kata sandi untuk menghapus postiingan

Customer Service 150350 (Indonesia) Support

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)